Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nganjuk mengadakan event tahunan yang bertema STIE GOES TO COMPANY. Event ini merupakan program kunjungan industri yang dilaksanakan pada 14-16 Februari 2023.  Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa semester 6 program studi Akuntansi dan Manajemen angkatan 2020. Perusahaan yang menjadi destinasi kunjungan yaitu PT. Global Sukses Solusi Tbk (Run System) dan PT. Mandiri Jogja Internasional (Bucini). Perusahaan ini menjadi pilihan STIE Nganjuk karena memiliki rekam jejak yang luar biasa. Kunjungan ini diadakan dengan harapan seluruh mahasiswa dan dosen mampu memperoleh ilmu sebanyak-banyaknya.

Perusahaan pertama yang dikunjungi adalah Run System yang bergerak di berbagai bidang, diantaranya adalah Financial and Cost Control Management, Procurement Management, Sales & Distribution Management, Human Capital Management System, Inventory & Material Management, dan Production Planning Management.

Perusahaan kedua yang dikunjungi adalah Bucini. Perusahaan tersebut merupakan brand local dari jogja yang memproduksi sepatu, tas, dompet, dan aneka aksesoris dari bahan dasar kulit. Dalam memproduksi berbagai kerajinan kulit, Bucini tetap menjaga keindahan dari kulit tersebut melalui proses pengolahan yang dilakukan secara handmade dengan menggandeng warga sekitar.

Kunjungan STIE Nganjuk disambut dengan hangat oleh pihak perusahaan. Dr. Indrian Supheni selaku Ketua STIE Nganjuk mengucapkan terima kasih karena telah mendapat kesempatan berharga untuk menggali ilmu di run system. Beliau berharap mahasiswa STIE Nganjuk tidak menyia-nyiakan kesempatan ini.

Pak Nizar selaku direktur Run System mengapresiasi dan merasa senang dengan kedatangan STIE Nganjuk. Beliau memaparkan proses perkembangan run system hingga saat ini, termasuk cara bermitra, manfaat menjadi buyer dan seller serta tips mengelola sebuah perusahaan. Kunjungan ini bisa dikatakan sebagai kunjungan ke perusahaan sendiri karena beberapa Mahasiswa dan Dosen STIE Nganjuk memiliki saham di PT Global Sukses Solusi Tbk.

Kunjungan ke Bucini juga sangat dinantikan oleh Mahasiswa STIE Nganjuk, mengingat bahwa brand local yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri. Seluruh produk yang dipasarkan oleh Bucini merupakan hand made. Para peserta kunjungan industri ini  diperkenankan untuk melihat langsung proses pembuatannya. Pihak Bucini sebagai pemandu kunjungan ini menjelaskan secara rinci bagaimana majanemen pengelolaan di perusahaan. Penjelasan tersebut meliputi kerjasama, kolaborasi, manajemen karyawan dan keuangan. Perusahaan yang sudah berdiri sejak 2017 ini memiliki magnet tersendiri bagi para pecinta kerajinan kulit.

Mahasiswa STIE Nganjuk sangat antusias selama masa kunjungan, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada pihak perusahaan.

Kegiatan kunjungan industry berjalan dengan sangat baik. Edukasi yang diberikan dapat memberikan gambaran terhadap dunia industri. Harapannya output dari kegiatan ini dapat meningkatkan wawasan dan motivasi untuk meningkatkan kualitas SDM bagi mahasiswa dan seluruh sivitas akademik STIE Nganjuk.

Leave a Comment