Ketua STIE Nganjuk Terjun Langsung Dalam Mewujudkan Kabupaten Sehat

Dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya pengabdian kepada masyarakat  Ketua STIE Nganjuk, Dr.Indrian Supheni SE, S.Pd, M.Aks, CSRS,  terjun langsung sebagai nara sumber dalam Pembinaan Kelembagaan Forum Kecamatan Sehat di Kabupaten Nganjuk. Acara yang diselenggarakan oleh Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Nganjuk,  kali ini dilaksanakan  di Kecamatan Nronggot, bertempat di Kantor Kecamatan Ngronggot  pada hari Selasa, tanggal  1 November 2022  dengan dihadiri  oleh Forum Kecamatan Sehat, Pokja Desa Sehat, Puskesmas, Sekolah, dan unsur-unsur yang terlibat dalam penyelengaraan Kabupaten Sehat. Mereka berasal dari berbagai unsur antara lain Dokter, Bidan, Tim Penggerak PKK, Tokoh Agama, Tokoh Pendidikan, dan tokoh masyarakat. Kehadiran Ketua STIE Nganjuk dalam acara tersebut, selain sebagai Sekretaris Forum Kabupaten Sehat, juga dalam rangka merealisir Kerjasama STIE Nganjuk dengan Pemerintah Daerah Nganjuk melalui Forum Kabupaten Sehat. Dalam pengabdian kepada masyarakat para dosen STIE Nganjuk, tidak saja berkiprah dalam tingkat nasional, internasional, namun  juga pada   tingkat kecamatan, bahkan sampai pada tingkat desa.

Untuk diketahui bahwa Kabupaten sehat ini merupakan salah satu  program unggulan dari Kemenkes RI.  Kabupaten sehat adalah suatu kondisi dari suatu wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduknya dengan mengoptimalkan potensi ekonomi masyarakat yang saling mendukung melalui koordinasi forum kecamatan dan difasilitasi oleh sektor terkait dan sinkron dengan perencanaan masing-masing desa. Untuk mencapai tujuan tersebut, Pemerintah Kabupaten Nganjuk membentuk Forum Kabupaten Sehat pada tahun 2017, dimana 

Dr.Indrian Supheni SE, S.Pd, M.Aks, CSRS sebagai Sekretaris.

Dalam kancah pelaksanaan Kabupaten Sehat, Nganjuk telah beberapa kali menyabet kejuaraan/penghargaan dari pemerintah. Pertama pada tahun 2018 mendapat penghargaan Swasti Sabha Padapa, Tahun 2019 dan 2020 berturut turut mendapat penghargaan Swasti Sabha Wiwerda. Dalam pelaksanaan Kabupaten Sehat ada 9 kawasan, dan Kabupaten Nganjuk menempatkan 9 kawasan sebagai prioritas dalam Kabupaten Sehat dan dalam operasionalnya lebih mengutamakan proses menuju Kabupaten Sehat dari pada target untuk penghargaan, berjalan terus-menerus dimulai dengan kegiatan prioritas dalam suatu tatanan kawasan dan dicapai dalam waktu yang sesuai dengan kemampuan masyarakat dan semua stakeholder yang mendukung. (P.M.)

Leave a Reply

Your email address will not be published.