Sebagai bentuk upaya meningkatkan mutu bagi industri kecil dan menengah (IKM) rokok di Kabupaten Nganjuk, STIE Nganjuk turut ikut ambil bagian dalam kerjasama bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Nganjuk untuk menggelar kegiatan pelatihan Good Manufacturing Practice. Event ini dilaksanakan selama 5 hari mulai tanggal 17-21 November 2022 bertempat di Farrel Hotel Nganjuk. 

Hari pertama GMP dibuka oleh Plt. Bupati Nganjuk yaitu Kang Marhaen. Selanjutnya disambung dengan beberapa rangkaian acara pengenalan GMP diantaranya pengenalan konsep, standar dan prosedur, serta desain GMP secara umum.

Pada hari kedua, seluruh peserta diarahkan untuk melaksanakan observasi di lapangan, yakni peninjauan secara langsung ke tempat produksi rokok dengan pendampingan langsung dari STIE Nganjuk. Tahapan ini diharapkan memberi standar GMP yang akurat karena peserta akan membuat pelaporan sebagai output dari observasi yang telah dilaksanakan.

Memasuki hari ketiga, peserta mendemonstrasikan hasil dari kegiatan observasi yang diikuti dengan proses review dan analisis GMP, dengan harapan laporan yang telah diselesaikan sesuai dengan konsep GMP yang telah diberikan dan mampu diimplementasikan dengan sebaik mungkin. Hari keempat dan kelima, rangkaian kegiatan merupakan kelanjutan dari proses analisis GMP agar semua peserta mendapat insight yang sama. Pada sesi penutupan, dihadiri oleh seluruh elemen yang tergabung dalam tim pelatihan GMP, termasuk Pemkab Nganjuk, Disperindag dan STIE Nganjuk. Dengan terlaksananya kegiatan pelatihan GMP ini, Pemerintah Nganjuk ebrharap agar tidak ada lagi penggunaan rokok ilegar yang tersebar di wilayah Nganjuk.

Galeri

Leave a Comment