Mahasiswa STIE Nganjuk Mengikuti Kegiatan Pengabdian Masyarakat dalam Program PKTD (Padat Karya Tunai Desa)

Kegiatan belajar mengajar tidak dilakukan di dalam lingkup kampus saja. Dosen senantiasa menjembatani kepada mahasiswa untuk turun langsung ke masyarakat untuk mengikuti kegiatan di lapangan. Dalam kegiatan ini ada dua perwakilan mahasiswa yang mengikuti kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam Program PKTD (Padat Karya Tunai Desa) yaitu Alfira Juhi Nabila Mahasiswa Semester 5 Program Studi Manajemen dan  Nurhadi Purwo Sasongko Mahasiswa Semester 3 Program Studi Manajemen.

Dalam kegiatan ini Mahasiswa STIE Nganjuk mengikuti kegiatan kerja sama dengan masyarakat yang berada di Kabupaten Kediri. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 13, 14, dan 15 September 2022. Dalam kerja sama ini dilakukan sebuah proyek dimana proyek yang dikerjakan adalah proyek pemerintah (yang menggunakan anggaran dari pemerintah). Proyek ini berfokus pada pembangunan atau pembuatan jamban (WC Umum) dan tempat cuci tangan (wastafel) yang dilakukan di daerah-daerah terpilih. Daerah-daerah yang dimaksud ini ada 3 daerah, yaitu Desa Sukoharjo Kecamatan Plemahan, Kabupaten kediri, yang kedua Desa Ploso, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, dan yang terakhir Desa Ringinrejo, Kecamatan Ringinrejo, Kabupaten Kediri.

Dimana kegiatan tersebut dilakukan dan diawasi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, yang dibantu dengan perangkat Desa setempat  yang ada di daerah tersebut, dan juga warga yang mengimplentasikan kegiatan tersebut. Sebelum kegiatan dimulai para warga diberi pengarahan terlebih dahulu untuk mempraktekkan pembuatan jamban. Selain pembuatan jamban dan tempat cuci tangan ada juga pemaparan materi yang di isi  oleh Bapak Mariyono dari Puskesmas Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk. Dengan adanya kegiatan ini dapat membuat mahasiswa menjadi lebih dekat kepada masyarakat dan dapat terjun langsung saling berinteraksi satu sama lain, bertukar pikiran serta dapat melihat bagaimana kegiatan tersebut terjadi di lapangan. Tidak hanya materi saja yang didapatkan pengalaman yang sangat berharga juga turut di rasakan oleh mahasiswa STIE Nganjuk yang mengikuti serangkaian kegiatan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.