Pelatihan Kewirausahaan Bagi Mahasiswa STIE Nganjuk

Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan merupakan bentuk pembelajaran yang mendorong pengembangan minat wirausaha mahasiswa dengan program kegiatan belajar yang sesuai. Kegiatan pembelajaran tersebut dapat dilakukan dalam bentuk wirausaha, baik yang sudah maupun belum ditetapkan dalam kurikulum program studi. Saat ini kewirausahaan sudah menjadi salah satu program nasional yang penting.

Bentuk kegiatan Pelatihan Kewirausahaan ini berupa pemaparan materi, tanya jawab dan praktik dengan peserta sebanyak 150 orang dari Mahasiswa Semester 3 (Khusus Penerima KIP), Semester 5, dan Semester 7. Kegiatan pelatihan ini bersifat terbuka bagi mahasiswa yang berminat menjadi usahawan dan mengembangkan usaha dibidang Marketing. Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan dilaksanakan selama tiga hari, yaitu pada hari Jumat, sabtu, dan minggu pada tanggal 28, 29 dan 30 Januari 2022. Kegiatan ini bertempat di ruang aula STIE Nganjuk yang berada di Jalan A.R Saleh No. 21 Nganjuk.

Ketua STIE Nganjuk Dra. AR. Indra Dekrijanti, M.Pd mengatakan, melalui pelatihan kewirausahaan dihaarpkan, mahasiswa semakain tertarik dengan wirausaha. Sehinggah, setalah mengikuti pelatihan, dapat meningkatkan potensi yang dimiliki. Setelah lulus bisa memiliki bisnis sendiri”, ujarnya

Sementara itu, koordinator kegiatan Dr. Indrian Supheni, S.E, M.Aks, CSRS mengatakan, kegiatan tersebut mengahadirkan tiga narasumber, yaitu Direktur Brillian Internasional Training Center Agus Wijaya, Direktur Sinar Gemilang Property Eny Setiowati dan Ketua Akserasi Pengusaha Makanan dan Minuman Jawa Timur (APMMI) Nganjuk M. Yazid “Tiga narasumber memberi materi baik teori maupun praktik”, ujar Wakil Ketua III STIE Nganjuk.

Ketua Pelaksana Kegiatan Ika Novaliana, S.Pd, M.M menambahkan, peserta pelatihan mendapat berbagai materi. Baik teori maupun praktik. Mulai pengantar kewirausahaan, pembentukan tim bisnis, analisis SWOT, marketing penjualan, promosi, akuntansi, rencana bisnis, maupun laporan bisnis. “Peserta juga dilatih administrasi bisnis dan praktik Latihan bisnis secara langsung. Praktik dilakukan pada hari terakhir pelatihan. Semoga mahasiswa semakin tertarik dengan dunia wirausaha”, harapnya.

Dengan adanya kegiatan Pelatihan Kewirausahaan ini diharapkan dapat menggerakkan generasi muda khususnya mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Nganjuk untuk mencontoh para pengusaha muda yang telah terjun dan berhasil dalam membangun kariernya melalui dunia wirausaha, dan diharapkan mampu mencetak pengusaha-pengusaha muda yang membuka lapangan pekerjaan sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan membantu usaha pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan dan pengangguran.

Leave a Reply

Your email address will not be published.