Surabaya, 17-18 Juli 2024 – Konferensi Regional Akuntansi merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI KAPd) ) bekerjasama dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Jawa Timur dan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Konferensi Internasional KRA XI Tahun 2024 ini mengambil tema :

“THE ROLE OF ACCOUNTING IN TRANSFORMING THE WORLD TOWARDS SUSTAINABLE DEVELOPMENT WITH 5P (PEOPLE, PLANET, PROSPERITY, PEACE, PARTNERSHIP) : SPIRIT OF PATRIOTISM”

Tema ini diangkat dengan dilandaskan pada perkembangan teknologi dan ekonomi yang pesat dan berdampak pada aspek sosial dan lingkungan. Hal tersebut membawa kita pada kebutuhan akan pembangunan berkelanjutan atau yang disebut (Sustainable Development Goals-SDGs) dengan membawa 5 prinsip yaitu People (Manusia), Planet (Bumi), Prosperity (Kemakmuran), Peace (Kedamaian), dan Partnership (Kemitraan).

Penyelenggaraan KRA XI 2024 ini bertaraf Internasional yaitu dengan mengundang narasumber dan peneliti asing (luar negeri) untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Konferensi Internasional KRA XI Tahun 2024 mengundang narasumber dalam negeri sebagai pembicara/narasumber, juga mengundang narasumber luar negeri pada panel seminar dari 3 negara yaitu Australia, Amerika, Malaysia dan Brunei.

Pelaksanaan kegiatan International Conference KRA XI 2024 didukung oleh 11 (sebelas) instansi/Perusahaan pendukung dan 42 (empat puluh dua) Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta se Jawa Timur sebagai Co-Host. STIE Nganjuk, merupakan salah satu pendukung acara ini. Sebagai penghargaan dan apresiasi atas dukungan terhadap suksesnya KRA XI 2024 ini, diberikan penghargaan dengan menyerahkan plakat sebagai Co-Host yang diterima oleh Ambarwati, M.Ak sebagai wakil ketua 2 Stie Nganjuk mewakili Ketua STIE Nganjuk yakni; Dr. Indrian Supheni, S.E., S.Pd., M.Aks., CSRS dan dihadiri pula oleh Dwi Puji Rahayu, M.Ak sebagai Ketua Program Studi Akuntansi STIE Nganjuk.

Konferensi internasional KRA XI 2024 merupakan wadah bagi para akademisi dan praktisi di seluruh dunia untuk melakukan penelitian mendiskusikan kajian-kajian empiris di bidang ilmu dan praktik akuntansi. Kajian-kajian tersebut dilakukan dalam rangka untuk menjaga ketersambungan-ketersambungan antara dunia akademisi dan profesi. Konferensi internasional KRA XI juga membahas isu-isu kekinian di bidang akuntansi. Selain itu, Konferensi internasional KRA juga merupakan tradisi akademik yang telah dibangun bertahun-tahun lalu oleh IAI Kompartemen Akuntansi Pendidik bekerjasama dengan IAI Wilayah Jawa Timur dan Perguruan Tinggi se Jawa Timur. Hal ini mengundang antusiasme yang tinggi dari para peneliti yang sudah mengirimkan artikelnya ke Konferensi Internasional KRA XI ini. Jumlah artikel (paper) yang terkumpul pada kegiatan konferensi kali ini adalah sebanyak 404 paper dan setelah melalui proses seleksi ( Blind Review ) dari tim reviewer, sebanyak 278 paper dinyakan lolos dan berhak presentasi dan publikasi di Konferensi Internasional KRA XI 2024. Banyaknya artikel yang masuk tersebut menunjukkan atensi yang besar para peneliti akuntansi dalam upaya ikut mewujudkan kesejahteraan manusia secara global melalui sumbangan pemikiran hasil penelitian. Dari 278 paper yang berhasil lolos seleksi tersebut, salah satunya adalah dari peneliti dosen STIE Nganjuk, yang berjudul “Scale Up Investment Interest: Subjective Norms And Financial Literacysebagai hasil penelitian dari :

  1. Ika Novaliana
  2. Indra Dekrijanti
  3. Prasetya Tri Mahendra

Penelitian dan pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh dosen STIE Nganjuk merupakan bukti nyata perwujudan dan menjunjung tinggi Tri Darma Perguruan Tinggi. Dosen tidak hanya bertugas mengajar di kelas saja, tetapi harus mampu mengabdikan ilmu dan kompetensinya kepada Masyarakat. Semua ini tidak akan terwujud apabila tidak mendapat dukungan yang kuat baik dari Lembaga STIE Nganjuk maupun Yayasan yang menaungi yaitu YPLP – PT PGRI Nganjuk.

Leave a Comment